Tentang Ras Manusia


Kajian tentang ras (race) sebenarnya merupakan otoritas dari para ahli antropologi ragawi. Tetapi karena penggolongan ras juga menimbulkan dampak-dampak secara sosial, misalnya akibat dari rasisme, pembelajar sosiologi juga perlu mengetahui tentang apa sebenarnya ras itu.

Pembicaraan tentang ras akan berkisar pada bentuk wajah, postur tubuh, warna kulit, dan ciri-ciri fisik fenotipe yang lain. Walaupun belakangan juga orang berbicara tentang penggolongan fisik manusia berdasarkan ciri-ciri genotipe, seperti golongan darah dan DNA.

Ciri-ciri fisik fenotipe adalah ciri-ciri yang tampak dari luar, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.  Sedangkan ciri-ciri genotipe merupakan ciri-ciri tubuh yang tidak tampak dari luar, seperti golongan darah dan DNA.

Nah, sebenarnya ada berapa macam sih jenis-jenis manusia di bumi kita ini?

Carleton_Coon_races_after_PleistoceneRas manusia adalah karakteristik luar yang diturunkan secara genetis. Pada awalnya para ahli membagi ras manusia di dunia ini menjadi tiga jenis ras yaitu (1) Ras kulit Hitam, (2). Ras kulit Kuning, dan (3). Ras kulit Putih.

Man_fsaboriginalsPada abad ke 20, para ahli menetapkan klasifikasi ras manusia menjadi Ras : (1). Khoisan (orang Bushmen atau Hottentot dari Afrika Selatan), (2).Ras Australoid (orang Dravida, orang Asia Tenggara “Asli”, orang Papua, dan orang Australia), (3). Ras Negroid (Kulit Hitam), (4). Ras Kaukasoid (Kulit Putih), (5). Ras Mongoloid (Kulit Kuning/berwarna)

Mongo-+Bantu+Congolesemed1LA2-NSRW-1-0149

Tapi dengan teknologi modern, ternyata pengelompokan inimasih belum final, hal ini terbukti dengan test DNA beberapa bangsa di dunia yang masih belum bisa menyimpulkan pengelompokan ras manusia terbaru.

Ayo, ada diantara kalian yang tertarik meneliti masalah ini?***

Sumber:

http://b0cah.org/

About these ads

7 thoughts on “Tentang Ras Manusia

  1. Pingback: Bahan Ajar Untuk Ulangan Tengah Semester 1 2010-2011 « Agsa's Blog

  2. duh … kebetulan sy belum pernah melihat reka2 rupa mereka … tapi barangkali kajian ras ketika itu belum begitu relevan, krn blm ada varian manusia yang perlu dikelompo/bedakan ….

  3. pak agus dulu saya dan rekan2 mgmp sosiologi kota surakarta pernah berkunjung ke sekolah panjenengan…mau nyari blog ato fb panjenengan agak kesulitan….. untung ni tadi nemu blog-nya…. matursuwun jadi saya ada tambahan pengetahuan dan materi….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s