Hari sekolah perdana Fahma setelah …


Hari ini sekolah perdana Fahma –anak perempuanku yang cantik– setelah lebih dari tiga minggu tidak sekolah, karena sakit. Db dan tipes telah memaksa Fahma nginep di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, sejak 11 Oktober, dan boleh pulang 27 Oktober 2009.

Sebagai ortu Fahma, saya dan ibunya merasa sangat bersalah dalam hal ini. Apalagi setelah tahu, menurut dokter Soeroyo Mahfud, imunisasi Fahma tidak lengkap.  Antara lain,belum pernah diimunisasi thyphoid.  Maafkan kami –Bapak dan ibumu ini– ya,  Nak … atas kebodohan ini.

Imunasasi Fahma memang hanya di Rumah Sakit Bersalin Muhammadiyah, kira-kira setingkat dengan puskesmas. Imunisai di rumah sakit bersalin kecil dan puskesmas, atau bidan, memang tidak selengkap di dokter. Di puskesmas hanya imunisasi standard sesuai program pemerintah. Yang bukan program pemerintah, seperti thyphoid, mmr, hepatitis, dll tidak dilayani.Tidak terimunisasinya Fahma secara lengkap mungkin juga sebagai konsekuensi tinggal di desa yang jauh dari dokter. Tapi sebenarnya, di kampung sebelah  juga ada dokter.  Tapi jarang sekali saya berkomunikasi dengan dokter itu. Dulu sering jumpa hanya di pengajian ranting Muhammadiyah. Sudah beberapa lama saya tidak aktif di ranting Muhammadiyah. Barangkali inilah makna ruginya memutus silaturahmi …

Dan, Fahma tadi pagi sudah sekolah. Saya terharu oleh semangatnya. Sejak kemarin sore sudah prepare buku-buku pelajarannya. Bahkan, malamnya membacanya satu per satu hingga pukul 21, ketika ibunya mengajaknya tidur. Tadi pagi Fahma bangun sebelum adzan subuh, dan jelas orang serumah yang lain belum bangun. Semangat untuk sekolahnya tampak dari segeranya minta minum dan sarapan pagi kemudian minum obat.  Rasa haru saya bertambah-tambah, ketika Fahma berupaya naik ke boncengan motor ibunya dengan segenap tenaga yang ia punya. Ia nyaris tak mampu naik boncengan motor. Tapi gak mau dibantu.

Selamat belajar lagi, nak. Doa bapak dan ibu serta mas Affan menyertaimu … dan maafkan kebodohan bapak/ibu yang tidak mengimunisasi thyphoid, sehingga tipus itu menyerangmu.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s