Guru Go Blog!


Ketika berapa waktu yang lalu harus menemani anak perempuan saya, Fahma Ainurrizka, membeli buku-buku cerita anak di Social Agency Jalan Godean, saya pun melihat-lihat buku-buku yang di pajang di etalase  — tepatnya rak buku.  Di sebuah rak untuk buku-buku komputer,  saya menemukan satu buku dengan judul yang cukup provokatif, “Guru Go Blog”, ditulis oleh Muhammad Ardi, diterbitkan oleh Elexmedia Komputindo (kalau penulisnya baca ini, mungkin akan berbagi royalti karena saya telah ikut mempublikasikan karyanya …)

Yah, Guru Go Blog. Kalo dibaca –apalagi oleh yang pronounsiasi Bahasa Inggrisnya buruk seperti saya– akan terdengar sama dengan kalimat/ucapakan  “Guru goblok“. Wah, guru koq ya “goblok, ya” … mungkin teman saya yang sekarang mengajar di SMK Negeri 1 Godean, sebelumnya Kepala SMK Muhammadiyah Semin, Muh Zainuri, menjawab: “lha kalo gak goblok gak jadi guru … , mungkin jadi dosen, dokter, bupati, menteri, atau bahkan presiden!”.  Wealah … malah kemudian melecehkan pekerjaan guru iki piye, to, padahal teman saya Zainuri tadi juga guru.

Guru itu sebuah profesi. Hanya dapat dilaksanakan oleh orang-orang yang memiliki keahlian.  Dalam menyampaikan, mentrasnformasikan, mengajarkan, atau mencerdaskan dan membebaskan pemikiran-pemikiran para murid-muridnya itu kalau seorang “guru” tidak “memiliki keahlian”, yang tidak dapat berlangsung dengan hasil baik dan proses yang lancar. Hahaha … jadi, mestinya, guru itu tidak boleh goblok.

Tentu yang dimaksud oleh pak atau mas Muhammad Ardi itu bukan seperti yang diungkap di alenia di atas.  Guru Go Blog, artinya guru-guru bersegera untuk memanfaatkan blog (web log) untuk membantu atau menjadikannya sebagai salah satu media pembelajaran bagi para muridnya.  Ide atau provokasi ini memang sangat bagus, dan mas/pak Muhammad Ardi tidak main-main dengan provokasinya, beliau mengajak dan memberikan jalan, bagaimana seorang guru dapat memanfaatkan blog untuk pembelajaran. Izinkan saya menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang sangat tinggi kepada penulis buku itu, yang sayapun kemudian membelinya.

Bagi rekan-rekan guru, sebagai guru yang telah relatif lama mengajar (jan2-nya pingin menyebut sebagai guru senior, tapi seoertinya gak etis, ya …) dan berusaha menggunakan semua sumber dan media pembelajaran yang mungkin dapat digunakan, saya merekomendasikan Bapak/Ibu guru untuk membaca buku ini. Melalui buku ini, Muhammad Ardi membimbing kita untuk membangun sebuah blog menggunakan blogspot dan/atau  wordpress sebagai media pembelajaran.  Walaupun saya membuat blog ini (agsasman3yk.co.nr) jauh sebelum membacanya,  tetapi buku ini memberi kemampuan kepada saya untuk membuat blog yang saya buat menjadi lebih baik dan mudah digunakan oleh murid-murid saya untuk mengunduh bahan ajar, atau bagi saya untuk menyampaikan tugas-tugas atau bahan ajar, dengan harapan para murid saya dapat setidaknya telah membaca bahan ajar sebelum pembelajaran di kelas dilaksanakan.

Tidak sedikit keuntungan pemanfaatan blog untuk pembelajaran, antara lain: (1) guru dapat memposting bahan ajar, hal demikian ini dapat lebih mengarahkan  ke pembelajaran yang paperless yang minim limbah, (2) anak-anak dapat memiliki bahan ajar tanpa harus membeli buku pelajaran, (3) tugas-tugas dapat disampaikan kepada siswa dengan lebih cepat, (4) pengumuman-pengumuman, seperti nilai hasil ulangan harian, ulangan umum, ulangan midsemetser, atau apapun dapat lebih cepat tersampaikan ke siswa, (5) karya-karya siswa dapat diosting di web guru, sehingga dapat lebih memperkaya bahan pelajaran , (6) dan tentu banyak lagi yang lainnya …

Demikian, semoga bermanfaat.

7 thoughts on “Guru Go Blog!

  1. Ya.. ya.. ya..
    Saya juga beli buku itu kurang lebih setahun yang lalu saat blog saya sudah berusia 6 bulan. Buku itu dasboardnya masih wordpress 2.6, sekarang 2.8
    Tapi itu bukan masalah…, yang pentingkan mau nggak kita mencoba menggunakan.
    Keuntungan pemanfaatan blog seperti yang pak Agus sampaikan itu sebenarnya yang lebih harus kita (guru -red) cermati.
    Mari…
    ber..Go Blog-ria

    • Wow … setahun yg lalu saya blum sempat bikin blog … tapi sudah kepingin … hanya gak punya cukup waktu untuk memulai … wah, jadi saya dapat nimba banyak ilmu dari njenengan kie … mudah2an kita diberi peluang untuk ketemu … amin.

  2. Dimana ya pak kalau mau buku itu di Surabaya. Saya juga berGo Blog sperti bapak asal tidak goblok, karena kalau guru goblok bagaimana dengan muridnya dong.

  3. Assalamu’alaikum wr wb…selamat siang..salam kenal dari saya Sri marfu’ah mahasiswa universitas negeri semarang..sebelumnya saya sedang dalam proses mengerjakan skripsi tentang implementasi media pembelajaran berbasis blog dalam pembelajaran sejarah, tetapi saya mencari buku guru go blog dimana-mana tidak ada…maaf saya minta tolong mungkin sekiranya bapak bisa meminjamkan buku itu kepada saya untuk referensi skripsi saya..terimakasih…wa’alaikumsalam wr.wb

Leave a Reply

