Split Personality


Jadi ingat, ketika sedang ngantar manten ponakan di Gereja Katholik Kemetiran kemarin, seorang teman menelepon dengan hape-nya, bahwa ada murid yang bertanya tentang “kepribadian yang pecah”. Teman saya itu sepertinya kewalahan oleh pertanyaan itu. Konteksnya adalah sosialisasi sebagai faktor pembentuk kepribadian … [yakin, kalau pertanyaan itu diajukan ke saya di depan kelas, mungkin saya juga akan menjawab dengan tidak begitu jelas …]

Kepada teman saya di telepon, saya menjawab, “kuwi bahasa jawane split personality, atau kata lainnya kepribadian ganda …”. Teman saya mengejar, “cepat apa jawabe, iki nang kelas je …“. Ya wis jawab saya singkat, di samping memang situasi sekitar saya sedang hening2nya karena ada pernikahan sehingga saya gak berani bicara keras2, saya pun gak begitu jelas. Jawab saya: “itu seperti ketika dihadapkan pada situasi yang berbeda, maka kita pun menghadapinya dengan kepribadian yang berbeda …”. Teman saya, “brarti kaya ungkapan jawa “manjing ajur ajer kae …”. Saya, “bukan …. lha nek itu namanya kemampuan beradaptasi …”. Saya sebenarnya mulai bingung harus menjawab apa. “Seperti Amerika itu lho, sebagai negara mereka sering menggunakan kepribadian yang berbeda ketika bersikap terhadap Israel atau Palestina. Kepada Israel mereka menggunakan kepribadian yang tersendiri, ukuran-ukuran normatif dan nilai yang tersendiri sehingga apa pun yang diperbuat oleh Israel jadi bener. Tetapi terhadap Palestina, mereka menggunakan kepribadian yang lain, sehingga apa pun yang dilakukan menjadi dinilai salah ….” Saya tidak tahu, apa teman saya dapat menangkap idea yang ada dalam pikiran saya dengan contoh itu.

Nah, pagi ini saya ingat pertanyaan itu dan mencoba untuk belajar lagi, bertanya Om Wiki dan Pakde Google … , nah antara lain saya dapatkan:

Kepribadian Ganda merupakan suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. [wikipedia]

Contohnya: ada kepribadian yang tau soal peristiwa traumatik itu, dan ada kepribadian yang sama sekali nggak tau. Akhirnya mereka terbiasa saling ngelindungin diri dari masalah dengan gonta ganti kepribadiannya sampe mereka tumbuh gede. Tiap ada masalah baru, berarti ada kepribadian baru juga. Jadi jangan kaget ada penderita yang bisa punya sepuluh (ato lebih) kepribadian yang berbeda-beda! [Tony Thamrien]

ini saya dapat dari http://angki.wordpress.com/2008/06/29/kepribadian-ganda/ ….(makasih mas angkie …). Ketika saya mencoba untuk membuka web2 lain, sepertinya juga “hanya” mendapatkan jawaban yang semacam …. antara lain di sini

http://forum.megaxus.com/kesehatan-pikiran/%28info-psikologi%29-multiple-personality-disorder-%28mpd%29-kepribadian-ganda/?PHPSESSID=686429ee832caf1aef8450363c21525e

OKI, kepada siapa saja yang punya informasi tentang ini, tulis di komen dunk ya ….
saatnya Anda-2 teman2 yang berbuat membagi ilmu kepada saya (dan teman saya ) ….

4 thoughts on “Split Personality

  1. so .. kalo tidak keliru, split personality (disorder) adalah nama lain dari multiple personality disorder (MPD) ya? kepribadian sub-nya dinamakan alter. alter ini bisa 1 atau banyak. saya pernah membaca novel sybil, dimana alternya sangat banyak. ada juga beberapa novel fiksi seperti “Tell me your dream” nya sidney sheldon yang juga menyoroti tentang MPD.

    “Kepribadian Ganda merupakan suatu keadaan di mana kepribadian individu terpecah sehingga muncul kepribadian yang lain. Kepribadian itu biasanya merupakan ekspresi dari kepribadian utama yang muncul karena pribadi utama tidak dapat mewujudkan hal yang ingin dilakukannya. [wikipedia]”

    kalau dari kasus di novel ke dua yang saya baca, salah 1 alter nya muncul karena tokoh sentral nya tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengekspresikan sisi nyeni dan feminin nya. sehingga dia muncul sebagai seorang perempuan ningrat feminin yang seorang pecinta seni, yang bisa menghabiskan malam2nya mengagumi lukisan2 di galeri galeri.

    sedang salah 1 alter lain muncul karena dia benci laki2 (saya lupa kasusnya), sehingga dia muncul sebagai tony yang kemayu, agresif, bengal, pecinta “one night stand” yang sebenarnya hanya di gunakan untuk mencari laki2 hidung belang yang ingin di ajak nya “tidur” dan akhirnya dibunuh dengan cara di potong (maaf) alat kelaminnya.

    tapi kalo di kejadian nyata, saya belum pernah sih menemui orang yang begini … atau karena saya yang ga ngeh aja ya??

    • Terimakasih telah mampir di blog saya. Sebenarnya, saya menulis tulisan ini berawal dari ketidaktahuan saya tentang MPD. Dan terimakasih, mbak Wulan telah menambahkan informasi penting, yang jelas akan menambah pengetahuan saya tentang hal tersebut ….

      Saya kutip kalimat “kalo di kejadian nyata, saya belum pernah sih menemui orang yang begini … atau karena saya yang ga ngeh aja ya??” …. haha .. barangkali cerita2 novel memang dibuat untuk menjelaskan suatu teori ….

  2. kalo gitu saya juga MPD donk . .?
    yg saya tahu seseorang dikatakan berkepribadian ganda jika seseorang memiliki kepribadian yang berbeda pada kondisi yang berbeda dan dia lupa dengan apa yang telah dilakukannya pada saat kepribadian lainnya muncul. Tidak hanya sekedar perubahan sikap karena situasi yang berbeda. Saya rasa hampir setiap orang akan bisa bersikap berbeda untuk permasalahan yang berbeda. Dan itu adalah wajar.

    • Mas Pams … terimakasih telah menambahkan. Sekali lagi, saya menulis ini didorong oleh ketidaktahuan saya tentang kepribadian ganda. Sekali lagi, terimakasih …!
      Salam!

Leave a Reply

