Profesionalisme


Jadi terusik untuk mengungkapkan apa pendapat saya tentang profesionalisme, ketika orang-orang  menjelaskan tentang makna dari istilah itu, tentu saja menurut “stock of knowledge“-nya masing-masing, dan tidak tertutup kemungkinan menurut “kepentingan”-nya masing-masing. Dari interaksi saya dengan berbagai macam orang di sepanjang hidup saya yang sudah hampir 50 tahun ini, saya sering melihat orang-orang membenarkan keyakinan dan kepentingannya dengan legitimasi keilmuan. Tentu saja yang sudah terseleksi untuk maksud itu. Tentang profesionalisme yang saya ungkapkan ini pun mungkin juga demikian.

Profesionalisme bagi saya merupakan kombinasi dari dua hal. Pertama: komitmen yang tinggi, dan kedua: daya abstraksi yang tinggi. Seorang profesional dalam bidangnya, mestinya memiliki dua hal ini. Kalau hanya salah satu di antaranya, atau malah tidak dua-duanya, tentunya ya non profesional.

Kategori berdasar konfigurasi dua hal tersebut menjadi seperti berikut.

1. Orang yang memiliki komitmen dan daya abstraksi yang tinggi, disebut profesional.

2. Kalau hanya memiliki daya abstraksi yang tinggi saja, tanpa komitmen, biasanya akan tampil sebagai tukang kritik, tetapi tidak bertanggung jawab atas dampak yang ditimbulkan dari kritik itu, atau tidak merasa punya tanggung jawab untuk memperbaiki situasi.

2. Orang yang memiliki komitmen tinggi, tetapi tidak memiliki daya abstraksi yang tinggi, biasanya akan tampil sebagai orang yang sibuk, dan diliputi perasaan takut serta kawatir akan membuat kesalahan yang membuat atasan tidak berkenan.

3. Orang yang memiliki keduanya? Saya tidak punya istilah untuk yang ini. Maka tanda tanya saja!

Anda dan saya termasuk dalam kategori yang mana, ya …

Wallahu a’lam bi Shawab …

Leave a Reply

