Akhirnya Terbit Juga …


Setelah beberapa waktu ditunggu-tunggu [tentunya oleh saya sendiri …] Buku Seri Bimbingan Belajar Sukses Ujian Sosiologi terbit juga.  Tiada ucapan yang lebih layak selain Alhamdulillah, karena bagaimanapun juga hanya karena ridla Allah lah maka buku ini bisa terbit.

Macam apakah buku ini?

Sesungguhnya buku ini berawal dari kegalauan saya pada kira-kira tiga tahun yang lalu. Ketika itu siswa-siswa saya yang notabene di Yogyakarta merupakan siswa-siswa terbaik, betapa tidak, mereka masuk sekolah di mana saya mengajar dengan bekal NUN SMP rata-rata tertinggi di DIY, tetapi capaian dalam Ujian Nasional (UN) Sosiologi sungguh tidak membanggakan, untuk tidak menyebut “memalukan”. Yah, anak-anak IPS di kelas yang saya ampu ketika itu berada pada peringkat 20 capaian UN Sosiologi di DIY, peringkat yang sungguh tidak dapat ditoleransi.

“Peringkat 20” inilah yang kemudian mendorong saya untuk bertekad menyiapkan anak-anak IPS di tahun berikutnya, IPS 64, menyiapkan diri menghadapi UN Sosiologi, antara lain dengan menyiapkan sebuah diktat yang tak lebih dari 100 halaman, berisi ringkasan materi sosiologi kelas X, XI, dan XII.  Diktat itu saya print out dan memberikannya kepada murid-murid saya untuk digandakan dengan fotokopi. Sedikit kata pengantar saya tulis, untuk mendorong anak-anak menyiapkan diri menghadapi UN dengan diktat sederhana yang nyaris tampil tanpa memperhatikan penampilan (perfomance), melainkan lebih mengedepankan kualitas.

Dibarengi dengan latihan-latihan soal yang saya susun berbasis SKL tahun itu, diktat ini mengantarkan siswa-siswa saya menduduki rangking pertama capaian UN Sosiologi di Propinsi DIY. Tentu saja, diktat dan latihan soal hanya bagian kecil saja dari kesuksesan anak-anak IPS ketika itu. Tekad, semangat, dan kegigihan anak-anak IPS lah yang sesungguhnya berbuah sukses.

Akhirnya, diktat sederhana dan soal-soal yang saya susun berbasis SKL UN SMA/MA sekarang lahir dalam bentuk buku sederhana ini. Terimakasih kepada PT Yudhistira yang berkenan menerbitkan,  juga kepada anak-anak IPS SMA Negeri 3 Yogyakarta, khususnya anak-anak 64, Mamad, Uma, Sarah, Linda, dan semuanya [maaf gak mampu menyebut semuanya], yang sengaja maupun tidak telah mendorong saya menyusun buku ini.

Semoga bermanfaat bagi anak-anak IPS SMA/MA dalam menyiapkan diri menghadapi UN Sosiologi …. Amien!

8 thoughts on “Akhirnya Terbit Juga …

  1. Pingback: Timnas Indonesia

  2. Pingback: Jika Gubernur DIY Mundur, Apakah Juga Mundur Sebagai Sultan? | Indonesia Search Engine

  3. saluttttttt….my first impression….

    saya sebagai guru sosiologi sangat mendukung apa yang bapak lakukan untuk kemajuan sosiologi pada khususnya. saya mengajar di sebuah SMA pinggiran di Kab.Wonosobo. tampak sekali perbedaan antar siswa-siswa yang ada di kota (Yogyakarta-red) dgn siswa-siswa di SMA saya skrg. sy bisa mengambil kesimpulan seperti ini karena saya pernah mengajar di LBB SSCi Intersolusi Yogyakarta dimana murid-muridnya kebanyakan berasal dari SMA fav di Yogyakarta. yang pada akhirnya alhamdulillah saya ketrima CPNS kab.Wonosobo tahun 2010 shg sy harus hijrah meninggalkan yogyakarta (hehe..perasaan sedih campur bahagia).
    pertama kali saya membuka blog bapak ini karena sebuah ketidaksengajaan sy browsing internet demi mencari referensi untuk membuat modul sosiologi. saya sampai sekarang masih merasa kebingungan bgmn membuat siswa saya tertarik dgn sosiologi itu sendiri agar mereka tertarik dan pada akhirnya suka dgn pelajaran sosiologi yang notabene penuh dgn teori dan hafalan yang kata siswa bahasa jawanya “MARAI NGANTUK” (Hee…).
    saya ucapkan terima kasih pada bapak selaku guru sosiologi di SMA terfavorit di Yogyakarta, karena setelah membaca Blog ini saya kembali bersemangat untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi saya. dilihat dari lamanya saya mengajar memang saya masih baru pak masuk di dunia pendidikan ini, karena saya baru saja lulus kuliah di sebuah PTN di Yogyakarta (UNY, Mei 2009). maka dari itu beberapa referensi seperti ini masih sangat-sangat saya butuhkan untuk perbaikan diri saya kedepannya.

    Salam….

    • Yang pertama, selamat berbahagia, walaupun sedih juga meninggalkan Yogyakarta. Wonosobo bukanlah tempat yang jauh dari Yogyakarta, apalagi di era sekarang ini, jarak geografik bukanlah sesuatu yang membatasi komunikasi dan interaksi dengan orang-orang (tercinta) di Yogyakarta. Bukankah begitu?
      Senang sekali, dan terimakasih, akhirnya kita bisa menjalin silaturahmi, dan semoga silaturahmi kita ini bisa memberikan konstribusi bagi dunia pendidikan di lingkup manapun!
      Salam kenal ….

Leave a Reply

