Psikosomatik


Psikosomatik. Dulu saya sering menggunakan istilah ini untuk mengolok-olok salah seorang teman saya yang kesehatan fisiknya terganggu gara-gara mengalami kekecewaan dalam hubungannya dengan seseorang yang sangat dicintainya, yang menurutnya ketika itu sangat layak dan sangat diharapkan akan menjadi isterinya. Sebenarnya saya juga tidak begitu tahu makna sebenarnya tentang psikosomatik. Tapi di rubrik kesehatan MBM Tempo yang ketika itu menjadi langganan saya pernah mengupasnya, dan sepertinya gejala yang dialami seorang teman saya itu pas dengan informasi yang saya dapat. Maka, jadilah istilah itu saya pakai untuk mengolok-oloknya.

Setelah sekian tahun, mungkin lebih dari 25 tahun, tepatnya tidak tahu — malas untuk menghitungnya– saya tiba-tiba ingat istilah itu. Yah, psikosomatik. Psiko itu jiwa, soma itu badan atau raga.  Kalau itu berupa penyakit maka kira-kira adalah penyakit yang secara ragawi dirasakan yang sumbernya adalah keadaan jiwa.

Dari http://rizkyp13.multiply.com/journal/item/46/Hati-hati_Dengan_Penyakit_Psikosomatik_ saya mendapatkan pengertian psikosomatik sebagai gangguaan fisik yang disebabkan oleh faktor-faktor kejiwaan dan sosial.

Sumber itu menyatakan bahwa apabila seseorang mengalami emosi yang menumpuk dan memuncak maka hal itu dapat menyebabkan terjadinya goncangan dan kekacauan dalam dirinya. Jika faktor-faktor yang menyebabkan memuncaknya emosi itu secara berkepanjangan tidak dapat dijauhkan,  maka ia dipaksa untuk selalu berjuang menekan perasaannya.

Perasaaan tertekan, cemas, kesepian dan kebosanan yang berkepanjangan dapat mempengaruhi kesehatan fisiknya. Jadi Psikosomatik dapat disebut sebagai penyakit gabungan, fisik dan mental, yang dalam bahasa Arab disebut nafsajasadiyyah atau nafsabiolojiyyah.

Yang sakit sebenarnya jiwa, tetapi menjelma dalam bentuk sakit fisik.

Dan itu barangkali yang sekarang ini saya rasakan.  Yah, jiwa saya sakit. Fisik saya akhirnya ikut sakit juga. Suhu badan meninggi, sesak nafas, dan munculnya kembali gejala gatal-gatal di tubuh.

 

 

Leave a Reply

