Hubungan Koersif antara Seleb dengan Fan


“Nasib seorang Seleb, dikuntit fan … ” demikian sebaris sms seorang teman ketika saya iseng mengirim sms, “sedang apa?”.  Berawal dari sms ini pikiran saya trus melayang tentang hubungan antara seorang selebritis dengan fan-nya. Yang dimaksud fan itu — menurut wikipedia berbahasa Inggris — is a person with a liking and enthusiasm for something, such as a band or a sports team. Yah, orang yang suka dan antusias terhadap sesuatu, misalnya band atau tim olahraga. Seseorang bisa saja sangat menyukai dan antusias kepada seorang selebriti atau pekerja seni, atau pebola, petenis, pefutsal, atau bisa saja bukan tokoh apa-apa, tetapi orang tersebut begitu bermakna bagi diri fan.

Hubungan antara seorang seleb dengan fannya itu memang unik. Bahkan, bersifat koersif, tanpa konflik tetapi sebenarnya tidak imbang. Si seleb akan menjadi si super power (adi kuasa) dan si fan akan menjadi si powerless (tuna kuasa). Si Seleb bisa saja menghindari bertemu fan, karena merasa bukan pada tempat dan waktu yang pas menurut ukuran-ukuran atau kriteria si Seleb. Tapi bagi si fan, pertemuannya dengan si seleb — di waktu kapanpun  maupun ruang manapun — akan menjadi sesuatu yang sangat berharga dan memberikan kepuasan atau kegembiraan yang luar biasa. Tidak rasional memang, tetapi memang secara teoritik maupun praktis, kebahagiaan dan kepuasaan itu sering diperoleh melalui sesuatu yang tidak rasional.  Nah, betapa malangnya si fan.

Memang, menjadi fan itu bukanlah cita-cita atau keinginan seseorang. Tetapi lebih merupakan nasib! Kalau bisa, ya mending jadi seleb, dipuja-puja dan diharapkan kehadirannya oleh fan. Tetapi fan? Ya itu tadi, kadang-kadang merupakan mahluk yang harus dihindari oleh seleb karena datang pada waktu, tempat, dan situasi yang tidak pas. “Maaf, sedang sibuk ….”. Sementara, seorang fan tak pernah sibuk menghadapi seleb yang dipuja dan dimuliakannya …. kapanpun, di manapun, dan dalam situasi apapun ia akan penuh kesukacitaan dan antusias untuk bertemu dengan selebnya ….

Kapan ya aku jadi seleb … hehe ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s