Sekilas Tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru


Uji Kompetensi Guru -UKG- yang dalam masyarakat menimbulkan wacana pro kontra, akhirnya harus terlaksana juga dan diikuti oleh semua guru, baik yang telah bersertifikat pendidik maupun yang belum. Walaupun karena teknis pelaksanaannya, di waktu dekat (mulai 30 Juli sampai dengan 12 Agustus 2012) akan dilaksanakan (di DI Yogyakarta) bagi guru yang telah bersertifikat mulai tahun 2007 sampai dengan 2011, pada tahun 2012 belum memasuki masa pensiun, dan masih aktif menjadi guru atau guru yang diangkat dalam jabatan kepala sekolah atau pengawas, dengan sistem online.

Mengapa Uji Kompetensi?

Ada beberapa aspek filosofi yang mendasari UKG ini, antara lain adalah hak masyarakat dan peserta didik untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas, diperlukan guru yang berkualitas untuk pendidikan yang berkualitas, peserta didik harus terhindar dari proses pembelajaran yang tidak berkualitas, membangun budaya mutu bagi guru, dan untuk memastikan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Sedangkan yang menjadi aspek teoritik dari kegiatan ini adalah pembinaan dan pengembangan profesi, sehingga dapat terpetakan pengusaan kompetensi guru baik pedagogik maupun profesional sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan progam pembinaan dan pengembangan profesi guru, dan sebagai entry point terhadap Penilaian Kinerja Guru dan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru.

Jadi, sesunggunya, tidak seperti yang berkembang dalam wacana reaksi masyarakat, bahwa UKG berdampak secara langsung terahadap pemberian tunjangan profesi. Artinya UKG bukan berarti “RESERTIFIKASI”, atau Uji Kompetensi Ulang, dan tidak ditujukan untuk memutus tunjangan profesi. Namun demikian, UKG akan menjadi entry point PKG, dan seperti diketahui PKG berdampak pada hak jumlah jam pelajaran yang diampu per minggu. Ketika hasil PKG tidak mencapai jumlah tertentu, maka guru yang bersangkutan tidak berhak untuk mengajar 24 jam perminggu, yang artinya guru yang bersangkutan tidak berhak untuk memperoleh tunjangan profesi.

Pencermatan lebih lanjut dari UKG dapat kita pelajari pedoman berikut.

PedomanUKG

Waktu dan Tempat PKG di DIY

Pelaksanaan UKG secara bertahap dimulai pada Senin 30 Juli 2012, sampai dengan 12 Agustus 2012, untuk guru yang sudah bersertifikasi. Tempat UKG di DIY tersebar di 110 sekolah yang ditunjuk.

Registrasi peserta.

1. Registrasi peserta dilaksanakan pada hari pelaksanaan, 30 menit sebelum pelaksanaan UKG Online.

2. Mengisi Format Registrasi yang telah disediakan oleh Panitia Kabupaten/Kota

3. Melaksanakan log in pada komputer

4. Mengisi perbaikan data individu (data individu wajib diisi seluruhnya)

Persyaratan yang wajib dibawa

1. Kartu Peserta UKG yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan setempat

2. Fotokopi Sertifikat Pendidik yang disahkan oleh Kepala Sekolah

3. KTP ASLI

Tata Cara mengikuti UKG

1. Peserta memasuki ruangan 30 menit sebelum jadwal ujian dengan menunjukkan Kartu Peserta UKG

2. Mengisi daftar hadir

3. Log In pada sistem ujian sesuai dengan nomor peserta sertifikasi dan NUPTK

4. Pengisian dan perbaikan data

5. Latihan Ujian Online selama 15 menit

6. Mengikuti UJIAN SESUNGGUHNYA dengan mengakses soal yang disediakan. Harus dipastikan soal sesuai dengan mapel/sertifikasi pendidiknya.

7. Waktu ujian akan tampil di layar, perhitungan mundur dimulai setelah soal diakses

8. Menjawab soal dengan cara memilih jawaban menggunakan mouse atau memilih jawaban yang benar dengan keyboar A, B, C, atau D.

9. Soal muncul di layar satu per satu, tombol spasi maju satu soal, tombol back space mundur satu soal. Apabila menggunakan mouse dapat memencet tab dan bisa meloncar dari satu soal ke soal lainnya. Abila sistem telah diakses, tombol keyboard hanya ada sembilan yang berfungsi, antara lain huruf  (1) Tombol Spasi untuk maju satu nomor soal, (2)tombol back space untuk mundur satu soal, (3) tombol A, (4) tombol B, (5) tombol C,  dan (6) tombol D untuk pilihan jawaban, (7) tanda (-) untuk memperkecil tampilan, (8) tanda (+) untuk memperbesar tampilan, dan tombol 0 (nol) untuk menormalkan tampilan.

10. Aplikasi UKG ONLINE akan berhenti otomatis apabila waktu habis.

11. Pelaksanaan UKG Online dilakukan 3 gelombang dalam satu hari, yakini mulai 7.30, 10.30, dan 14.00.

Demikian, semoga ada manfaatnya.

5 thoughts on “Sekilas Tentang Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru

  1. saya sangat setuju dengan ukg itu sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat, dan sebagai koreksi diri para guru, apakah pantaskah atau tidak sebagai pendidik yg berkwalitas, dan bermutu serta untuk menjaga imit guru asal-asalan. maka perlu adanya tahapan-tahapn meningkatkan mutu guru yg propesional. tetapi tdk setuju jika ukg sebagai ukuran berhak atau di putuskannya tunjangan kesejahteraan atau tunjangan sertifikasi. tetapi mungkin sebagi tolak ukur apakah guru yg belum ikut tersertifikasi di lanjutkan apakah hanya yg sudah saja.

    • menurut saya ya baik-baik saja, berkelompok itu fitrah … kalau menurut JJ Rosseau krn adanya kontrak sosial, asasnya kepentingan, jadi kalau dengan membuat paguyuban kepentingan-kepentingannya menjadi lebih bisa terpenuhi ya baik-baik saja ….

      Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s