Tentang Blog

Alhamdulillah, atas perkenan-Nya saya dapat memulai untuk membuat blog.  Telah bertahun-tahun saya mencita-citakan hal ini.  Memiliki sebuah blog nyaris merupakan obsesi bagi saya.  Dapat melangsungkan pembelajaran sosiologi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan keinginan dan impian saya sejak lama, bahkan sejak ketika masih mengajar di SMA Negeri 1 Godean.

Memang, walaupun telah lama menggunakan komputer dan LCD Projector, kalau boleh “ge-er“, di sekolah ini mungkin dapat disebut “pelopor” (bukan dalam arti yang sebenarnya, tapi hanya yang di angkatan pertama)  penggunaan LCD Projector untuk mengajar, tapi yang saya lakukan selama ini sepertinya masih sebatas menggunakan komputer dan LCD Projector itu untuk menggantikan fungsi papan tulis, mengingat memang tulisan tangan saya di papan tulis, baik yang hitam maupun yang putih, menggunakan kapur atau spidol,  luar biasa buruknya,  bahkan nyaris tampak sebagai  tanda tangan semua … (tapi saya tidak minder dengan tulisan jelek saya, ada dua orang tokoh besar di negeri ini yang saya tahu tulisannya juga –maaf– jelek.  Pertama Pak Amien Rais, dan kedua Pak Habibi. Kadang ini saya gunakan untuk berjayus ria di depan kelas, bahwa ciri orang pinter itu salah satunya tulisannya tidak bagus.  Haha …).

Peluang untuk memulai membuat blog saya peroleh  setelah jabatan (wuah, seperti pejabat saja) sebagai sekretaris sekolah di SMA Negeri 3 Yogyakarta berakhir.  Jabatan  ini diamanatkan ke saya sejak lima tahun yang lalu, ketika Kepala SMA Negeri 3  waktu itu Ibu Dra. Hj. Sri Ruspita Murni (bu Pipit).  Mulai 13 Juli 2009, awal tahun ajaran baru 2009-2010, tugas sebagai sekretaris berakhir,  saya akan lebih banyak melewati hari-hari saya di ruang guru dan ruang kelas. Berharap punya waktu yang relatif banyak untuk menekuni blog ini dan dapat memanfaatkannya sebagai media dan sumber pembelajaran. Insya Allah … Amien.

Semoga obsesi dan harapan saya –melakukan pembelajaran berbasis TIK– dapat terwujud.  Untuk itu, bantuan dan dukungan dari segenap pihak sungguh sangat saya harapkan, baik dari rekan-rekan saya di SMA Negeri 3, “Padmanaba” Yogyakarta,  ataupun teman-teman di MGMP Sosiologi di DIY (Kota, Sleman, Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul), juga yang di kabupaten/kota sekitar — Surakarta, Magelang, Purworejo, dan Semarang, juga yang di Jakarta, Malang, Jombang, dan Surabaya yang dengan beliau-beliau saya pernah menjalin silaturahmi (Jelek-jelek begini, di seputar tengah tahun 1990-an sampai dengan awal tahun 2000-an, saya pernah ditunjuk sebagai instruktur untuk mata pelajaran sosiologi pada diklat-diklat di tingkat nasional atau regional …  sengaja menyebut ini untuk menambah rasa percaya diri saja …)

Terwujudnya blog ini tidak lepas dari bantuan banyak pihak,   utamanya mahluk-mahluk Labkomp SMA 3 Yogyakarta, kakak- adik Bowo “Brewok” Priyanto-Sidik Cahyono,  Mas Tanto, dan guru paling belia: Rudy Hartanto. Juga Ibu Devy Estu Anna Putri, S.T.,  yang telah membelajarkan saya tentang komputer, blog, dan seluk-beluknya,  juga hal-hal lain — karena, walau masih sangat muda (hampir 20 tahun lebih muda dari saya) tapi mbak Devy –demikian saya memanggilnya– punya pengalaman-pengalaman yang up to date yang sangat layak untuk diberbagipakaikan  (terjemahan google untuk share). Terimakasih tak terhingga untuk mereka.

Terimakasih juga kepada teman baik saya, Iik Lestari. Dengannya saya memulai belajar blog.  Ia juga telah mengajari saya tentang banyak hal, termasuk mengolah perasaan, bahwa biarlah kita sendiri yang merasakan apa yang sebenarnya kita rasakan, orang lain tak perlu tahu. Di depan orang-orang kita harus fresh dan ceria! Biarlah orang melihat panggung depan kita saja. Panggung belakang? Hanya diri kita dan orang-orang terdekat saja yang tahu.

Kepada mas Ichwan “Romo Icha”  Aryono –guru fisika di SMA 3 Yogya yang lebih tampak sebagai guru Ekonomi (Kata mas Bowo, lho)–  yang selalu setia untuk “belajar bersama” dan membuat  provokasi-provokasi ilmiahnya,  terimakasih yang tak terhingga kepada Anda. Demikian juga untuk teman saya Didik Purwaka untuk hal yang sama. Kepada pak Mantri sebagai kakak dan teman mengajar sosiologi di SMA Negeri 3 Yogyakarta,  mari kita belajar bersama.

Untuk dik Yatmi –istri saya satu-satunya yang sungguh setia–  dan dua anak saya, Affan Ainurrahman dan Fahma Ainurrizka, terimakasih dan apresiasi yang  tak terhingga karena telah banyak “merelakan” –tepatnya membiarkan– saya untuk sering berlama-lama di meja kerja bersama laptop tercinta, dan tidak harus selalu bersama-sama di setiap saat dan di setiap waktu … tapi tetap saja saya sangat mencitai kalian. Pinjam mbah Surip: I love You Full … Untuk kedua anak saya, saya selalu berdoa agar mereka selalu menjadi orang beruntung. Amien.

Singkatnya, blog ini dibuat sebagai sebuah dedikasi dan media untuk bertukar informasi dan  berkomunikasi serta berinteraksi dengan segenap pihak, agar sedikit atau syukur banyak dapat memberi manfaat kepada pihak lain. Dalam ungkapan Jawa, migunani. Walaupun, karena banyaknya keterbatasan  pada diri saya,  idea, cita-cita, atau harapan yang demikian ini terasa terlalu mewah dan berlebihan.

Saya tidak membatasi  apa saja yang dapat dikomunikasikan dan diinformasikan melalui blog ini, tetapi –tentu saja– akan lebih banyak terkait dengan bidang tugas saya sebagai guru sosiologi di sebuah SMA yang relatif ternama di Yogyakarta, SMA Negeri 3 “Padmanaba” Yogyakarta.

Apapapun ini dan sekecil apapaun, semoga bermanfaat!

Agus Santosa, 2009.

Salam!

 

5 thoughts on “Tentang Blog

  1. selamat Pak Agsa n makasih, lewat blog ini saya bisa mendapat materi sosiologi. salam kenal Bpk…!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s