Bahan Ajar K-2013

Setelah Kurikulum 2013 diberlakukan sejak empat tahun yang lalu, sehingga tahun ini siswa kelas XII di sekolah kami -SMA Negeri 3 Yogyakarta- merupakan siswa angkatan kedua pengguna Kurikulum 2013. Walaupun sudah empat tahun, tetapi tentang apa saja yang harus dibelajarkan dalam pelajaran sosiologi, beberapa teman guru masih silang pendapat, di samping memang beberapa sekolah oleh menteri pendidikan dan kebudayaan ketika zamannya Pak Anies Baswedan, “dipaksa” untuk kembali menggunakan Kurikulum 2006. Sekolah-sekolah yang ini ada yang sekarang ini (2017) baru akan menyelesaikan angkatan pertamanya di kelas X, bahkan ada yang baru akan mulai menggunakan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2017/2018.

Sosiologi dalam Kurikulum 2013 seperti apakah? Berikut ini saya mengutip Permendikbud Nomor  24 Tahun 2016, tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran.

Menurut permendikbud ini, pembelajaaran Sosiologi mencakup empat kompetensi, yaitu kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampian.

Sesungguhnya demikian juga pembelajaran sosiologi pada kurikulum sebelumnya (K-2006), dan juga sebelumnya lagi (K-1994), bahkan yang sebelumnya lagi (K-1984). Hanya pada Kurikulum 2013 ini kompetensi-kompetensi tersebut sudah ditetapkan indikatornya, sehingga dapat menjadi pedoman bagi guru untuk mengukur pencapaian kompetensi oleh siswa-siswanya.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai
melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan
guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut. Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.

Kelas X

3.1 Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan  yang berfungsi untuk mengkaji gejala sosial di masyarakat.

4.1 Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis

3.2 Menggali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial di masyarakkat

4.2 Mengolah realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat

3.3 Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di masyarakat

3.4 Mengaitkan realitas sosial sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial d masyarakat

3.4 Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala Sosial di masyarakat

4.4 Melakukan penelitian Sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat

Kelas XI

3.1 Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang sosiologi

4.1 Menalar tentang rerjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi

3.2. Menganalisis permasalahan sosial dalam kaitannya dengan pengelompokan sosial dan kecenderungan eksklusi sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi

4.2    Memberikan respons dalam mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat dengan cara memahami kaitan pengelompokan sosial dengan kecenderungan eksklusi dan tumbuhnya permasalahan sosial

3.3 Memahami arti penting prinsip kesetaraan untuk menyikapi perbedaan sosial demi terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis

4.3 Menerapkan prinsip-prinsip kesetaraan untuk mengatasi perbedaan sosial dan mendorong terwujudnya kehidupan sosial yang damai dan demokratis.

3.4 Menganalisis konflik sosial dan cara memberikan respons untuk melakukan resolusi konflik demi terciptanya kehidupan yang damai di masyarakat.

4.4 Memetakan konflik untuk dapat melakukan resolusi konflik dan menumbuhkembangkan perdamaian di masyarakat.

3.5 Menganalisis cara melakukan pemecahan masalah untuk mengatasi permasalahan sosial, konflik dan kekerasan di masyarakat.

4.5 Melakukan penelitian sederhana yang berorientasi pada pemecahan masalah berkaitan dengan permasalahan sosial dan konflik yang terjadi di masyarakat sekitar.

Kelas XII

3.1 Memahami berbagai jenis dan faktor-faktor perubahan sosial serta akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat.

4.1 Menalar berdasarkan pemahaman dari pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya.

3.2 Memahami berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial di tengah-tengah pengaruh globalisasi

4.2   Mengategorisasikan berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi serta akibat-akibatnya dalam kehidupan nyata di masyarakat sehingga dapat merespons berbagai permasalahan sosial dan ketimpangan yang disebabkan proses globalisasi.

3.3 Memahami faktor penyebab ketimpangan sosial dan pertautannya dengan perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi.

4.3 Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial di tengah-tengah globalisasi.

3.4 Mendeskripsikan cara melakukan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi.

4.4 Merancang, melaksanakan, dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah pengaruh globalisasi.

3.5 Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.

4.5 Mengelaborasikan berbagai alternatif pemberdayaan sosial yang diperlukan untuk mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat.

Demikian untuk kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dapat dikuasai oleh para peserta didik setelah mempelajari Sosiologi. Detail-detail materi pokok yang harus dibelajarkan agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dimaksus, insya Allah saya berusaha memberikan masukan bagi semuanya. Semoga bermanfaat.

Minggir, 2 Februari 2017.

 

Advertisements

48 thoughts on “Bahan Ajar K-2013

  1. Assalamu ‘alaikum wr wb.
    thank’s your help to me. Yes very good your create personal blok!
    Semoga personal blok ini berlanjut terus kita bisa berkomuniakasi lewat media ini. Saya mau mecoba buat pula, syukur bisa searing dalam banyak hal. wassalamu alakium wr,wb.

  2. Salam kenal..

    Pak Agus, sya berniat kuliah lagi n mau ngambil jurusan sosiologi dan kebudayaan..sy senang dengan hal tersebut…kbetulan sy jg meNgajar Pak..disalah satu perguruan tinggi swasta di Pontianak Kalbar..melihat blog anda saya jadi ingin ngebuat blog juga untuk bahan ajar sya..thax Pak..

  3. alhamdulilah dengan blog jendela terbuka makin lebar, jaringan sahabat makin luas, kemajuan pendidikan sdh didepan mata, amin.

  4. Assalamualaikm….
    Mas agus slm knal sy dri Lombok timur….

    sy mw tanya.._ menurut Roger Hasyim: “struktur sosial merupakn abstraks

  5. pak, saya mau tanya ttg presentasi Pengertian dan Macam-macam Sosialisasi & Agen Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian kok saat didownload isinya sama ya (agen sosialisasi semua) ?
    trima kasih

  6. terima kasih banyak pak telah membantu,..mohon maaf pak ada materi bahan ajar sosiologi kelas x yg berupa program pdf? bukan power point,..terima kasih

  7. terimakasih pak, sy senang dapat menemukan blog bapak, banyak ilmu yg bapak bagikan pd sy dan anak2. dengan membaca blog bapak menjadi salah satu referensi bagi saya yg merupakan guru junior. blog bapak menginsiprasi untuk lebih kreatif meluangkan waktu mempersiapkan materi bahan ajar. semoga menjadi ilmu yg bermanfaat

    • Sekar … maaf, materi (teks) tentang kelompok kebetulan sama persis sama yang di ringkasan materi yang diterbitkan Yudhistira … sementara saya cabut dulu, setelah selesai membenahi baru akan saya unggah lagi. Dalam waktu dekat ini mungkin dalam bentuk PPT dulu ….
      Makasih atas perhatiannya.
      Salam
      Agus Santosa

  8. Hahahaha, njuk alamat bahan ajar diganti pake tulisan yg dihiperlink, yo pancen nek sik dimasukke URL tanpa spasi itu yg jadi masalah, tabel gag bisa dicilikke, njuk mbingungi 😀

    • masih kurikulum 2006 mbak … yang kurikulum 2013 secara prinsip tak ada perubahan bahan ajar, perubahan lebih pada strategi mengajar dan sekuen (urutan)-nya … makasih telah berkenan mampir di blog ini, Salam!

  9. salam kenal pak agus, saya pengelola TBM di Kolaka Sulawesi Tenggara, mohon kasih materi di blog TBM saya: tbmnurulhasanah.wordpress.com. trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s