USBN SOSIOLOGI SMA 2017

Kebijakan kementerian pendidikan pada tahun 2017 ini, yang paling baru, adalah diberlakukannya Ujian Sekolah Berstandar Nasional, disingkat USBN. USBN adalah ujian sekolah, hanya soal dibuat oleh pemerintah pusat dan daerah. Sesuai dengan POS USBN, soal USBN dibuat oleh MGMP tingkat propinsi yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Propinsi. Kisi-kisi materi USBN dibuat oleh BSNP. Soal sekitar 25 persen dari pusat, sehingga MGMP Propinsi akan membuat soal sekitar 75 persen.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa, mapel yang di-USBN-kan ini termasuk menjadi dasar perhitungan kelulusan siswa dari satuan pendidikan. Pada tingkat SMA Sosiologi merupakan salah satu mapel bidang IPS yang di-USBN-kan bersama-sama dengan Pendidikan Agama, PPKn, Sejarah Indonesia, dan mapel peminatan IPA: Kimia, Fisika, dan Biologi, sedangkan peminatan IPS meliputi Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi.

Bagaiman dengan tingkat kesulitan soal atau level kognitif USBN? Sesuai dengan kisi-kisi yang telah diterbitkan oleh BSNP, level kognitif USBN setara dengan Ujian Nasional, terdapat soal-soal tentang pengetahuan dan pemahaman (Level 1), aplikasi (Level 2), dan penalaran (level 3).

Sebagai bahan awal berikut saya unggah telaah saya atas kisi-kisi USBN, menjadi kisi-kisi soal sebagai berikut, barangkali dapat menjadi acuan untuk belajar.

kisi-kisi-soal-usbn-2017-sosiologi

Berdasarkan kisi-kisi soal tersebut, dibuat soal ujicoba sebagai berikut. Semoga dapat menjadi bahan belajar bagi para siswa.

bu-try-out-usbn-1-sma-3-2017

 

Advertisements